Senin, 29 September 2014

PROGRAM KAKAK ASUH/ ORANG TUA ASUH

Berikut ini adalah anak-anak didik  usia 13-16 tahun yang telah terseleksi untuk diadopsi menjadi adik asuh/anak asuh. Mereka adalah anak-anak yang memiliki potensi yang luar biasa yang terus menerus diasah agar pada waktunya mereka bisa menjadi pibadi yang berpengaruh dan berdampak bagi lingkungan di mana mereka berada dan bangsa ini.

Anda dapat berpastisipasi dalam program KAKAK ASUH/ORANG TUA ASUH 

 dengan cara :

1. Memilih salah satu anak yang ada dengan cara memberi komentar di bagian foto anak yang dipilih. Jika sudah ada yang memilih terlebih dahulu maka anda diharapkan memilih anak yang lain. ( Jangan memilih anak berdasarkan penampilan/perawakan mereka karena itu bisa menipu.)

2. Setiap adik/anak asuh membutuhkan biaya minimal Rp 100.000/bulan dan dibayarkan sebelum pertanggal 10 setiap bulannya. Uang yang anda berikan akan menjadi tabungan si anak untuk modal usaha setelah tamat dari SLTA atau untuk uang kuliah mereka nantinya. Jadi uang yang anda berikan tidak terpakai untuk biaya sekolah mereka, karena pihak yang akan berusaha untuk membantu dalam hal tersebut. Setiap anak yang ada memiliki celengan yang disimpan

Program ini terselenggara atas partisipasi Bapak/Ibu/Saudara/i yang rela menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu anak-anak yang membutuhkan bantuan secara moril dan finansial. Jadi program ini memang dirancang sedemikian rupa agar terbentuk jalinan kasih antara kita sebagai umat manusia. Bukankah sebaik-baiknya makhluk adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain? Dan menjadi kewajiban kita untuk mengasihi sesama kita. Sebagai wadah sosial yang baru saja dirintis, kami masih terus belajar untuk menciptakan sistem yang terbaik untuk semua berdasarkan prinsip jujur dan transparansi data.

Hak-hak kakak/Orang tua Asuh :

1. Mendapat laporan keuangan setahun sekali

2. Mendapat rapor atau progress anak asuh setiap 4 bulan sekali. (Januari,Mei dan september) Namun tidak menutup kemungkinan akan mendapat laporan perkembangan anak jika memungkinkan.


Kewajiban Kakak/Orang tua Asuh :

1. Memberikan bantuan sesuai komitmen yang telah dibuat setiap bulannya paling lambat pertanggal 10 setiap bulannya.

2. Memberikan motivasi bagi anak asuhnya lewat message 

Jadi hanya dengan bantuan minimal sebesar Rp 100.000,-/bulan, anda dapat bergabung bersama kakak/orang tua asuh lainnya. (Anda juga dapat mencari patner untuk patungan jika Rp100.000/bulan sangat besar. Sehingga masing-masing memberi Rp50.000/bulan dengan demikian akan meringankan anda. Bantuan dapat di salurkan/ditransfer ke rekening PROGRAM KAKAK ASUH/ ORANG TUA ASUH

Laporan keuangan PROGRAM KAKAK ASUH/ ORANG TUA ASUH setiap pertanggal 10 setiap bulannya.

PROGRAM KAKAK ASUH/ ORANG TUA ASUH HOME memegang teguh Kode Etik di bawah ini:

1.Jujur dan transparan dalam memberikan informasi kepada kakak/Orang Tua Asuh.
2.Konsisten dalam tugas dan misi sosial kemanusiaan.
3.Setiap bentuk sumber dana diarahkan secara optimal untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi anak-anak asuh, dengan sasaran mereka dapat bertumbuh secara alamiah.
4.Menekan berbagai biaya serendah mungkin.
5.Menggunakan dana dan bantuan yang sudah ditentukan maksudnya oleh kakak/Orang Tua Asuh dengan benar.
6.Tidak membedakan jenis kelamin, keyakinan, ras, bahasa dan budaya dari anak asuh.
7.Melaksanakan dan menyimpan pencatatan administrasi keuangan secara tertib dan memberikan laporan yang dapat dipercaya, transparan dan bertanggungjawab.
8.Menjaga kerahasiaan alamat kakak/Orang Tua Asuh dan tidak menyalahgunakannya.
9.Tidak berhubungan dengan kegiatan politik praktis dan bersifat independen.
10.Tidak melanggar Undang-undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia, yang sesuai dengan sebagai kegiatan berciri sosial kemanusiaan.

Hubungan dengan adik/anak asuh dapat dilakukan dengan saran-saran sbb:

1. Surat ditulis secara sederhana dan alamiah dalam bahasa Indonesia.
2.Ikatan yang positif dan saling mengasihi dapat terjalin antara kakak/Orang Tua Asuh dengan anak jika surat-menyurat dilaksanakan secara teratur, rutin dan terfokus pada pengembangan anak.
3.Bantulah secara pelan dengan berbagai cerita atau pertanyaan jika menemui surat anak yang tampaknya monoton, supaya dia dapat berkembang lebih alamiah dan ekspresif.
4.Jika hendak mengunjungi adik/anak asuh, 

 5.Segala bentuk komunikasi harus diarahkan supaya anak semakin bertumbuh, semakin mandiri, tidak menuntut dan tidak manja.
6.Hindari memberikan harapan yang berlebihan kepada adik/anak asuh.
7.Surat dari Orang Tua Asuh kepada Anak Asuh dan sebaliknya melalui PROGRAM KAKAK ASUH/ ORANG TUA ASUH 


 Mari bersama dan bersatu cerdaskan anak bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar